Friday 16 February 2018

3 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami dan Tradisional

Salah satu gangguan mulut yang sering banyak dialami oleh orang selain sariawan, sakit gigi dan lainnya adalah mengalami gusi bengkak. Penyebabnya pun banyak faktor yang mempengaruhinya, mulai dari infeksi, kerusakan gigi, kekurangn gizi dan gangguan mulu lainnya.

garam
Garam 
Jika mengalami gangguan mulut seperti gusi membengkak, ada baiknya agar segera diatasi karena jika terlambat dalam pencegahannya akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

kalau dilihat dari penyebabnya, mungkin berikut ini patut di waspadai supaya tidak mengalami gusi bengkak, seperti:
  • Sariawan - biasa yang terjadi, salah satu faktor penyebab gusi bengkak biasanya dimulai karena mengalami sariawan. Luka sariawan / ulkus bisa menyebabkan pembengkakan.
  • Adanya penumpukan plak - biasanya disebut karang gigi, ini disebabkan karena terbentuknya saat makan dan minum. Jika tidak rajin gosok gigi maka akan terbentuk plak yang susah di bersihkan. Dan bakteri berkembang dengan cepat sehingga bisa menimbulkan gsi bengkak.
  • Hormon - beberapa sumber menyebutkan hormon juga mempengaruhi terjadinya gusi bengkak. hal ini terjadi pada masa pubertas, menstruasi, kehamilan dan monopause. 
  • Gingivitis dan Periodontitis - Atau bahasa awamnya peradangan gusi dan infeksi struktur gigi. Itu bisa menimulkan pembengkakan gigi dan biasanya disertai dengan demam.
Bagaimana cara mengobati Gusi Bengkak?

    1. Minum obat pereda nyeri, cara ini efektif untuk mengurangi rasa sakit jika mengalami nyeri pada gusi. Obat mudah didapatkan di apotek atau toko obat. Contoh aspirin, ibuprofen dan parasetamol.
    2. Kompres dengan air atau es batu, sedikit yang sudah tahu cara alami mengurangi rasa sakit pada gusi yang bengkak dengan car mengkompres gusi dengan es batu. Caranya menggunakannya air dingin atau es batu di haluskan kemudian bungkus dengan kain bersih dan tempelkan pada pipi yang mengalami gusi bengkak.
    3. Berkumur air garam, cara ini merupakan cara tradisional turun temurun. Meski dibilang kuno, berkumur dengan air garam termasuk cara paling efektif. Membuatnya sangat mudah, ambil air hangat secangkir, masukan 1 sendok garam dapur, kemudian larutkan dan diaduk hingga merata. Berkumur selama 30-60 menit denagn larutan air garam yang sudah dibuat. pastikan gusi yang bengkak kena larutan.
Demikianlah 3 cara mengobati gusi bengkak secara alami dan tradisional. Jika masih belum ada perubahan, langkah selanjut bisa pergi ke dokter. Jika masih ada kekurangn informasi bisa tingal komentar. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon