Friday 9 February 2018

Cara tradisional mengobati Asam Urat

Asam urat atau yang juga disebut dengan kirai atau gout memiliki ciri-ciri dengan rasa sakit pada bangian sendi, terutama pada bagian jempol yang juga disertai dengan adanya pembengkakan. Asam urat muncul karena adanya natrium urat yang berada di dalam persendian atau di luar persendian mengalami pengkristalan.


Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan asam urat :

  • Berat badan yang berlebih (obesitas)
  • Umur dan jenis kelamin
  • Terlalu sering mengkonsumsi makanan yang kandungan purinnya tinggi. Makanan yang mengandung purin tinggi misalnya, kaldu, ikan makarel, ikan sarden, hati, otak, dan masih banyak lagi.
  • Terlalu banyak minum minuman yang mengandung alkohol.
  • Memiliki riwayat penyakit diabetes dan hipertensi 
  • Memiliki masalah pada bagian ginjal yang akan mengganggu proses pembuangan asam urat dari dalam tubuh
  • Faktor keturunan

Jika sudah memahami faktor yang dapat menyebabkan asam urat, berikut adalah beberapa cara tradisional mengobati asam urat :

a.   Jus buah cerry


Buah cerry mengandung senyawa asam yang cukup pekat sehingga kandungan asam ini mampu untuk mengimbangi kadar asam urat yang ada dalam darah dan juga urine. Selain itu, mengkonsumsi jus buah cerry juga dapat membantu meringankan rasa sakit pada persendian karena kalium dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Seperti data yang sudah diterbitkan oleh Harvard University, buah cerry memiliki kandungan antioksidan tinggi yang akan membantu mencegah radikal bebas berbahaya dan juga mengandung anti inflamasi tinggi yang dapat mencegah munculnya peradangan.

b.   Jus lemon


Lemon yang memiliki sifat masam yang sangat tinggi dapat digunakan untuk mengobati asam urat dengan cara tradisional. Kandungan asam yang terdapat dalam jus lemon dapat membantu tubuh untuk memproduksi kalium karbonat yang akan membuat asam urat menjadi netral.

c.   Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C


Makanan yang mengandung vitamin C akan sangat efekif untuk mengatasi radang sendi yang tiba-tiba muncul. Antioksidan yang terkandung di dalamnya juga akan meringankan rasa nyeri serta mencegah efek buruk radikal bebas. Salah satu makanan yang mengandung vitamin C tinggi adalah jambu. Namun jika tidak ada, Anda juga bisa menggantinya dengan buah jeruk atau buah kiwi yang sama-sama mengandung vitamin C tinggi.

d.   Konsumsi air putih


Mengkonsumsi air putih minimal 8 sampai 10 gelas setiap hari akan membantu melarutkan asam urat dalam ginjal. Dengan rutin mengkonsumsi air putih, maka kemungkinan pengkristalan bagian sendi akan menjadi sangat kecil karena kadar asam urat dalam tubuh tidak akan menjadi pekat.

e.   Daun salam


Daun salam yang biasanya digunakan untuk bahan memasak ini ternyata sangat bermanfaat untuk mengobati asam urat karena kandungan kaliumnya mampu menurunkan kadar asam urat dengan cepat. Cara menggunakannya cukup mudah, cukup siapkan 10 lembar daun salam yang sudah dibersihkan dan 2 gelas air lalu rebus. Tunggu sampai rebusan daun salam mendidih dan tersisa menjadi 1 gelas. Minumlah air rebusan daun salam secara rutin maksimal 3 hari 2 kali selama 1 bulan untuk mengobati asam urat.

Untuk menghindari segala komplikasi yang dapat ditimbulkan oleh asam urat ini, segera lakukan cara di atas dan mulailah pola hidup yang sehat.


Demikian sedikit ulasan tentang cara tradisional mengobati asam urat. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon