Thursday 8 February 2018

Cara Tradisional Mengobati Amandel

Radang amandel atau yang juga dinamakan dengan tonsilitis merupakan peradangan yang terjadi pada tonsil atau amandel yang sebagian besar dialami oleh anak-anak. Amandel adalah dua kelenjar kecil yang terdapat di dalam tenggorokan yang berfungsi sebagai pencegah infeksi.

Seiring dengan bertambahnya usia, sistem kekebalan tubuh akan meningkat dan amandel yang berfungsi sebagai penangkal infeksi akan mulai tergantikan dan saat peran amandel sudah tidak dibutuhkan, maka kedua kelenjar tersebut akan berangsur-angsur menyusut.

Nah, itulah sedikit ulasan tentang amandel. Selanjutnya kita akan mengulas tentang cara tradisional mengobati amandel dengan bahan yang mudah kita jumpai.


Berikut beberapa cara tradisional mengobati amandel :

a.   Jeruk nipis


Jeruk nipis merupakan salah satu cara tradisional mengobati amandel. Jeruk nipis yang memiliki kandungan vitamin C yang berfungsi menjaga kekebalan tubuh sehingga jika dikonsumsi, maka akan membuat peradangan dan infeksi yang terjadi akan semakin berkurang dan sembuh. Cara mengobati amandel dengan jeruk nipis sangatlah mudah. Cukup siapkan 2 jeruk nipis dan kapur sirih. Peras 2 jeruk nipis yang sudah Anda siapkan dan campurkan dengan air kapur sirih. Jika sudah, aduk sampai rata dan minumlah. Minum secara teratur kira-kira 3 kali dalam sehari.

b.   Bawang merah


Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk mengobati amandel. Kandungan anti inflamasi dalam bawang merah dapat meredakan rasa panas dan peradangan yang menjadi pengebab dari peradangan amandel. Cara mengobati amandel dengan bawang merah sangatlah mudah, yaitu dengan mengupas bawang merah dan memakannya.

c.   Jahe


Selain bawang merah, jahe juga menjadi salah satu bumbu dapur yang bisa digunakan untuk mengobati amandel dengan cara tradisional. Sifat anti inflamasi pada jahe dapat megurangi gejala yang dapat ditimbulkan oleh peradangan amandel. Cara mengobati amandel dengan jahe cukup mudah. Siapkan jahe dan kupas sampai bersih lalu rebus dengan air untuk mengobati radang amandel. Jika sudah, Anda bisa menambahkan dengan madu saat rebusan jahe sudah dalam kondisi hangat. Jangan mencampur madu saat rebusan air jahe masih panas karena hal tersebut akan merusak nutrisi yang ada dalam madu. Jika sudah dicampurkan, minumlah secara teratur sampai radang amandel Anda sembuh.

Bukan hanya untuk mengobati amandel, cara ini juga sangat bermanfaat untuk mengurangi gejala asma untuk melegakan tenggorokan.

d.   Madu


Cara tradisional mengobati amandel yang selanjutnya adalah dengan madu. Sudah kita ketahui bahwa madu memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh yang salah satunya adalah untuk mengobati amandel. Anda bisa langsung mengkonsumsinya begitu saja atau dengan mencampurnya ke dalam beberapa jenis obat tradisional  atau herbal. Cara ini akan membantu menyembuhkan gejala radang amandel yang Anda derita.

e.   Buah mengkudu


Salah satu buah dengan rasa dan aroma yang tidak enak ini memiliki banyak sekali manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya adalah mengobati amandel. Cara pembuatannya cukup mudah, yakni peras buah mengkudu yang sudah matang lalu saring. Jika sudah, ambil air perasan buah mengkudu dan tambahkan madu murni lalu minumlah secara teratur untuk mengobati amandel yang Anda derita.


Mengobati amandel dengan cara di atas juga harus diimbangi dengan cara hidup yang sehat. Istirahat yang cukup dan perbanyak minum air putih. Demikian sedikit info tentang cara tradisional mengobati amandel. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon