Thursday 8 February 2018

Cara tradisional mengobati Kolesterol

Cara Tradisional Mengobati Kolesterol - Saat ini banyak sekali keluhan kolesterol tinggi di masyarakat. Penyebab utama dari banyaknya keluhan kolesterol tersebut adalah karena gaya hidup yang tidak sehat. Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan kurangnya olahraga adalah pemicu kolesterol yang sering ditemukan. Namun saat ini sudah banyak yang menyadari tentang bahaya kolesterol sehingga banyak orang yang berusaha mengobati kolesterol dengan cara tradisional.


Berikut cara tradisional mengobati kolesterol dengan bahan-bahan yang pasti mudah Anda temukan :

-       Bawang putih


Bahan dapur satu ini menjadi salah satu cara tradisional mengobati kolesterol karena bawang putih mengandung glukosinates yang bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol sehat. Anda bisa mencoba untuk mengobati kolesterol dengan cara memakan 3 sampai 4  siung bawang putih setiap hari lalu minum air putih yang cukup untuk mencegah bahaya dehidrasi.

Mengkonsumsi bawang putih akan meredakan berbagai gejala yang berhubungan dengan kolesterol tinggi, seperti:

a.   Plak dalam arteri
b.   Penyempitan pembuluh darah
c.   Tekanan darah tinggi
d.   Infeksi akibat kolsterol jahat
e.   Resiko pembekuan darah
   

-       Jus jeruk


Jus jeruk dapat membantu menurunkan kolesterol karena setiap jus jeruk mengandung flavonoid, vitamin C, dan folat. Tak hanya itu, kandungan fitosterol yang terdapat dalam jus jeruk akan menurunkan LDL hingga 12%. Lebih baik konsumsi jus jeruk tanpa tambahan gula atau juga bisa menggantikan gula dengan madu untuk mengobati kolesterol dengan cara tradisional.

-       Bawang merah


Selain bawang putih, bawang merah juga bisa digunakan untuk mengobati kolesterol dengan cara tradisional. Pakar kesehatan herbal di China dan Hongkong bahwa bawang merah mengandung flavonoid yang akan membuat LDL berkurang dan kolesterol baik akan meningkat karena adanya quercetin yang terkandung dalam bawang merah.

Cara mengkonsumsinya cukup mudah, gunakan bawang merah sebagai bahan campuran sebagai bumbu dengan cara direbus atau ditumis dengan api kecil agar kadar flavonoid dan quercetin tidak hilang.

-       Rebusan air ketumbar


Ketumbar juga menjadi salah satu bahan dapur yang bisa digunakan untuk mengobati kolesterol dengan cara tradisional. Kandungan alami yang terdapat dalam ketumbar dapat meningkatkan kolesterol baik dan mengalahkan LDL yang berlebihan di dalam tubuh. Tidak hanya itu, ketumbar juga dapat membantu proses penyerapan gula di dalam tubuh sehingga resiko penyakit diabetes akan menurun. Cara mengobati kolesterol dengan ketumbar cukup mudah, siapkan 2 sendok ketumbar dan segelas air. Masak hingga mendidih lalu saring dan biarkan sampai dingin. Jika sudah, minumlah saat pagi dan sore. Jika tidak suka dengan rasanya, tambahkan dengan susu atau madu.

-       Kacang-kacangan


Kacang-kacangan sangat bermanfaat baik untuk kesehatan dan dapat membantu untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh karena mengandung serat dan sterol yang akan membuat proses pencernaan dan pengeluaran kolesterol dalam tubuh akan meningkat. Konsumsi berbagai jenis kacang-kacangan sebanyak satu genggam secara rutin setiap harinya maka kolesterol dalam tubuh akan turun dan menjaga proses pencernaan Anda. Jenis kacang-kacangan yang bisa Anda konsumsi setiap harinya, seperti almond, kenari, pecan, pistachio, serta kacang pinto.

Selain mengikuti beberapa cara tradisional mengobati kolesterol di atas, Anda juga harus memperbaiki pola hidup yang lebih sehat. Makan dan tidur yang teratur adalah kunci dari hidup sehat.


Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami yang berjudu ‘Cara Tradisional Mengobati Kolesterol’.


EmoticonEmoticon