Tuesday 6 February 2018

Cara tradisional mengobati Batuk secara alami

Jika terdapat gangguan dari luar tubuh, maka salah satu respon alami dari sistem pertahanan pada saluran pernapasan adalah batuk. Respon berupa batuk itu akan berfungsi untuk membersihkan lendir atau mengeluarkan bahan atau benda asing dari paru-paru. Untuk mengatasi batuk, yang kita lakukan adalah mengkonsumsi obat batuk, namun jika ingin terhindar dari berbagai efek samping pada obat yang dibeli, sebaiknya Anda membuat sendiri obat batuk dengan bahan alami. 

obat batuk alami, obat batuk tradisional


Berikut beberapa cara tradisional mengobati batuk dengan bahan yang mudah untuk Anda temui :

a.   Kulit jeruk mandarin


Cara tradisional mengobati batuk yang pertama adalah menggunakan kulit jeruk mandarin. Jeruk ini tidak hanya dapat dikonsumsi buah dagingnya saja, namun kulitnya juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati batuk kering. Cara menggunakannya sangat mudah, keringkan jeruk mandarin yang akan digunakan untuk mengobati batuk. Jika sudah, rebus 10 gram kulit mandarin dengan 2 gelas air. Selanjutnya tambahkan 25 gram kencur yang sudah diiris tipis. Tunggu sampai air rebusan tersisa 1 gelas lalu dinginkan. Minumlah 2 kali sehari selagi hangat dan lakukan terus menerus sampai batuk Anda sembuh.

b.   Jahe


Jahe merupakan salah satu bahan masakan yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Selain untuk bahan masakan, jahe juga dapat digunakan untuk mengobati batuk. Minum teh jahe dapat mengobati batuk kering dan juga batu berdahak dengan efektif. Rasa hangat yang diberikan oleh jahe akan membuat napas menjadi lega, mengencerkan dahak, serta mengeluarkan dahak yang sudah menumpuk. Cara menggunakan jahe untuk mengobati batuk sangatlah mudah, parut jahe dan peras airnya. Jika sudah, campurkan dengan air teh panas yang sudah Anda sediakan. Diamkan campuran teh panas dan jahe agar menjadi hangat lalu minum. Anda bisa meminum teh jahe hangat ini setiap pagi dan malam sebelum Anda tidur.

c.   Madu dan lada hitam


Madu sudah terkenal mampu menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya adalah untuk mengobati batuk kering. Anda bisa menggunakan madu yang dicampur dengan lada hitam. Cara menggunakannya yaitu, siapkan lada hitam dan madu. Campurkan 1 sdm madu dengan sejumput bubuk lada hitam lalu aduk sampai rata. Konsumsi secara rutin 2 sampai 3 kali sehari.

d.   Kunyit


Selain jahe, bahan dapur selanjutnya yang dapat digunakan untuk mengobati batuk adalah kunyit. Kunyit sangat terbukti ampuh untuk membuat batuk berdahak reda dan pernapasan menjadi lebih lancar. Cara mengobati batuk dengan kunyit cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan 1 sdt parutan kunyit. Jika sudah, tambahkan parutan kunyit tadi pada segelas susu hangat dan minum dengan rutin sebanyak 2 kali sehari.

e.   Daun kemangi

Daun kemangi dipercaya ampuh mengobati batuk berdahak dan dapat membuat dahak menjadi encer serta mengeluarkannya. Caranya cukup mudah, ambil segenggam daun kemangi segar lalu rebus dengan segelas air. Tunggu sampai mendidih dan jika sudah, diamkan sebentar lalu minumlah selagi hangat. Minumlah 2 sampai 3 kali sehari sampai batuk Anda sembuh.

f.    Air hangat


Cara tradisional mengobati batuk yang terakhir adalah dengan meminum air putih hangat karena air hangat akan mengencerkan dahak dan membuat batuk akan reda. Konsumsi air putih hangat secara teratur untuk mengobati batuk Anda.


Demikian informasi tentang cara tradisional mengobati batuk. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon